12 tips and trik memilih duren yang enak |kumpulantipsdantrik

Sunday, January 29, 2012

12 tips and trik memilih duren yang enak

http://kumpulan-tipsdantrik.blogspot.com/
duren ini sampai sekarang merupakan buah yang digemari orang khususnya indonesia saat ini. rasanya nikmat dan lebih nikmat lagi karena tidak semua musim ada, jadi kadang rasanya bikin kangen karena 1 tahun sekali panennya.harganya klo saya di yogja ya lumayan sih menguras dana uang harian karena saya masih mahasiwa ya klo makan ga bisa tiap hari bokek tar he,,, harga antara 25-100an. Saya punya pengalaman da beli mahal eh rasanya ga enak, huhhhh , pgn seneng eh malah jaadi marah2.itu karena uda beli mahal2 pingin menikmatin rasanya, ehhh ga puenak poolll. trus saya mencoba belajar untuk memilih buah yang bener2 enak tu yang gimana? banyak tanya ma pedagang dan banyak mengamati sendiri, eh akhirnya kesimpulannya , ga susah juga looo ngamatin atau menebak duren enak apa tidak, masih susah  ngitung jumlah tikus dalam karung he,,,,.ini temen2 ak share tentang tips dan trik memilih duren yang enak,


1. perlu dilihat tangkai durian. Jika tangkainya bekas potongan pisau karena terlihat halus, maka itu tidak matang di pohon. Jika matang, ujung tangkainya terlihat kasar, dan jika tangkai itu dipotong lalu dijilat, terasa manis. Tentu saja aroma durian yang menyengat juga sebagai tanda buah itu matang.

2.Jika ditepuk-tepuk (tentunya dengan benda tumpul, bukan tangan), suaranya “buk, buk, buk”. Itu pertanda ada perekahan buah yang sudah matang.

3.Lihatlah apakah duri kulit durian jarang-jarang atau rapat. Pilihlah yang jarang-jarang, karena itu pertanda daging durian telah padat.

4.pilihlah durian yang kelima juringnya terisi lengkap. Jika juringnya tak lengkap, bentuk duriannya pasti tidak simetris. Dan kalaupun kualitasnya bagus, isinya tidak banyak.

5.Jika dilihat dari bentuknya maka pilih durian yang berbentuk bulat karena lebih banyak isinya dibanding durian yang berbentuk lonjong.

6. itu perhatikan seluruh permukaan kulit durian, usahakan jangan sampai ada lubang atau noda hitam meski seukuran kepala jarum pentul. Itu pertanda durian tersebut tak sehat dan bisa jadi busuknya sudah menyebar di bagian dalam. Hati-hati dengan durian yang dibungkus pedagangnya dengan daun aren, karena bisa jadi digunakan menutup lubang atau durian yang sudah terbuka. Durian yang sudah pecah ujungnya biasanya rasanya sudah basi karena terjadi oksidasi.

7.Hati-hati dengan permukaan kulit durian yang sudah pernah dibuka olah pedagang tapi gagal dibeli konsumen karena belum matang. Biasanya luka ini ditambal kembali oleh pedagang dengan memasang kembali kulit yang sudah dibuka menggunakan patahan anak korek api.

8.Durian yang sudah tua dan matang, aromanya sangat tajam. Aroma ini sangat terasa terutama di bagian ujung durian, meski kulitn

ya belum terbuka.
Selain dari aroma,

9.Hati-hati dengan durian yang sudah layu. Durian yang sudah lama tidak laku apalagi dipetik muda, mudah ditandai dari tangkai buah yang mulai keriput dan berwarna hitam. Hindarkan membeli durian seperti ini karena hampir pasti akan mengecewakan. Untuk mengelabui pembeli, tangkai ini kerap diiris oleh pedagang supaya terkesan masih durian baru.

10.Tangkai durian yang matang pohon atau dipetik cukup umur, biasanya berwarna hijau kecokelatan dan memiliki patahan sempurna dan bergerigi. Tidak licin atau rapi seperti hasil irisan pisau pedagang.

11.pilih buah yang durinya jarang dan pendek pendek.ini tanda bahwa daging buahnya kering.bila durinya banyak dan panjang,berarti kandungan airnya banyak sehingga daging buah biasanya lembek dan becek
pilih buah yang ringan.komponen terberat dari durian selain kulit adalah biji.durian lebih ringan biasanya lebih namyak dagingnya


12. yang terakhir kalau semua ga bisa , tinggal makan ditempat dan minta garansi. kalau ga enak dituker.
tapi pengalaman pernah  beli 1 dapat makan duriah sampai 6 buah ,karena pada ga enak sampai penjualnya menyerah dan hasil terakhir perut sakit kebanyakan durn ga enak he,,,,,,,,,,,,,,,,,

No comments:

Post a Comment